Skip to main content

Kekuatan Jaringan Alumni

Suatu ketika pernah seorang selebtwit menanyakan tentang biaya kuliah di universitas negeri dan swasta yang (nyaris) tidak ada bedanya alias MAHAL. Saya pun tertarik menanggapinya, saya menjawabnya "Kekuatan Jaringan Alumni". Dia me-Retweet jawaban saya, entah pertanda setuju atau hanya memberi alternatif jawaban ke followers nya.

Saya sendiri sangat mengakui Kekuatan Jaringan Alumni, itulah mengapa saya lebih memilih memaksa masuk UGM walaupun (hanya) program Diploma. Beberapa rekan saya telah bekerja di perusahaan top di negara ini, dan periode berikutnya alumninya turut berhasil masuk ke perusahaan top tersebut.

Ada pula faktor koneksi. Obgyn istri saya adalah seorang alumni sebuah universitas negeri di Depok, dan ketika saya minta referensi Obgyn lain, beliau menyarankan ke alumni kampusnya. Bukan UGM atau kampus lain.

Sekarang saya pun seorang alumni dari kampus lain, yaitu IPB. Sayangnya (sepertinya) kekuatan alumni IPB terkenal hanya di sektor perbankan, bahkan sampai mendapat julukan Institut Perbankan Bogor. Entah, sepertinya saya tidak tertarik di dunia perbankan.

Contoh lebih sederhana ada dikantor saya sendiri. Seorang teman saya merekrut programmer lain dari kampus sendiri (termasuk saya). Dan ketika atasan kami ingin merekrut pegawai baru, dia cenderung mencari dari kampusnya sendiri. 

Tidak ada jaminan karir yang sangat pasti dari hubungan jaringan alumni, tapi setidaknya anda memiliki rekan satu almamater yang mungkin suatu saat akan berguna. :)

Alumni :




Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Dokter Poliklinik Afiat RS PMI Bogor

Share informasi jadwal dokter di poli afiat RS PMI Bogor aja :)

Jadwal Dokter Kandungan Obgyn Bogor

RSIA Hermina Bogor RS PMI Bogor Poliklinik Afiat Poliklinik Reguler RS Bogor Medical Center

SIM C Kota Bogor

Polres kota Bogor terletak di Kedung Halang tepat di pinggir jalan raya bogor. Hal yang perlu disiapkan :  1. KTP + FC 2. Kondisi fisik / tensi 3. Skill uji praktek : zig zag dan angka 8 4. Pelajari teori ujian sim 5. 20rb untuk kesehatan 6. 100rb untuk biaya sim 7. Tangan buat nulis yg banyak 8. Kesabaran ekstra + waktu yang banyak Prosedur :  1. Test kesehatan di klinik polisi ada di gang sebelah selatan polres bogor kota 2. Bayar 20rb 3. Tukar ktp dengan id polres 4. Ambil form dan map di loket pendaftaran 5. Taruh map dan antri ujian praktek 6. Jika lulus, taruh map dan antri ujian teori 7. Ujian teori 8. Kembalikan hasil dan tunggu pemanggilan untuk kelulusan 9. Bayar biaya sim c 100rb 10. Jika lulus, ke loket 2 untuk ambil form pendaftaran 11. Cap hasil ujian, taruh berkas dan tunggu lagi di lokasi ujian teori 12. Kembalikan berkas di loket 3 dan ambil antrian foto 13. Antri foto 14. Foto 15. Tunggu cetak sim 16. Sim di tang