Skip to main content

Responsive Design vs Adaptive Design

Tahun ini adalah tahun dimana saya harus mengasah lagi secara total dari sisi skill dalam hal programming, baik back-end ataupun front-end. Layak diakui bahwa dalam 3 tahun terakhir saya cukup mentok di web application yang cukup menggunakan classic asp, jquery plus custom js, dan query oracle. Ketika kembali ke dunia nyata, whoooaaaa. Seperti keluar dari goa. Gaji yang segitu pun ternyata di dunia luar dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, menjadi cukup luar biasa. Dibuktikan dengan beberapa kali interview, semua terlihat tercengang melihat expected salary saya.

Jadi, saya akan lebih banyak menulis tentang teknis, instead of curhat kayak biasanya. Semua materi berdasarkan pengalaman interview saya, terutama yang gagal saya jawab dengan baik.

Materi kali ini adalah untuk bagian front-end. Saya mendapat pertanyaan seperti judul diatas. Oke responsive design pasti lebih familiar sebelumnya, karena sudah cukup banyak template wordpress yang memiliki fitur itu. Secara mudah adalah mode adaptasi terhadap device yang digunakan untuk membuka website tersebut.

Berdasarkan informasi dari w3schools, Responsive Design digunakan agar website anda dapat dilihat dengan baik dari berbagai macam device misalnya laptop, tablet, smartphone.

Versi web ini, perbedaannya adalah
Responsive Design : Multiple Fluid Grid Layout
Adaptive Design : Multiple Fixed Width Layout

Ini adalah contoh praktisnya (diambil dari sini):

Yang atas adalah Responsive Design, sedangkan yang bawah adalah Adaptive Design


Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Dokter Poliklinik Afiat RS PMI Bogor

Share informasi jadwal dokter di poli afiat RS PMI Bogor aja :)

Jadwal Dokter Kandungan Obgyn Bogor

RSIA Hermina Bogor RS PMI Bogor Poliklinik Afiat Poliklinik Reguler RS Bogor Medical Center

SIM C Kota Bogor

Polres kota Bogor terletak di Kedung Halang tepat di pinggir jalan raya bogor. Hal yang perlu disiapkan :  1. KTP + FC 2. Kondisi fisik / tensi 3. Skill uji praktek : zig zag dan angka 8 4. Pelajari teori ujian sim 5. 20rb untuk kesehatan 6. 100rb untuk biaya sim 7. Tangan buat nulis yg banyak 8. Kesabaran ekstra + waktu yang banyak Prosedur :  1. Test kesehatan di klinik polisi ada di gang sebelah selatan polres bogor kota 2. Bayar 20rb 3. Tukar ktp dengan id polres 4. Ambil form dan map di loket pendaftaran 5. Taruh map dan antri ujian praktek 6. Jika lulus, taruh map dan antri ujian teori 7. Ujian teori 8. Kembalikan hasil dan tunggu pemanggilan untuk kelulusan 9. Bayar biaya sim c 100rb 10. Jika lulus, ke loket 2 untuk ambil form pendaftaran 11. Cap hasil ujian, taruh berkas dan tunggu lagi di lokasi ujian teori 12. Kembalikan berkas di loket 3 dan ambil antrian foto 13. Antri foto 14. Foto 15. Tunggu cetak sim 16. Sim di tang